Lengkapi Makalah Yang Benar

Lengkapi Makalah Yang Benar, struktur makalah, penyusunan makalah
Struktur makalah


Lengkapi makalah yang benar! kalimat itu keluar dari mulut dosen saat memberikan tugas kepada mahasiswa, mau enggak mau kita harus melaksanakan perintah tersebut.


Menyusun Makalah dengan baik dan benar akan membuahkan nilai plus dimata dosen, maka dari itu sebaiknya sebelum membuat makalah kamu harus kuasai dulu kerangka atau susunan wajib di dalam makalah.


Penyusunan Makalah yang tersusun secara sistematis pada dasarnya melatih kita untuk terbiasa membuat karya ilmiah, dan mempersiapkan diri untuk menyusun skripsi nantinya.


Apa saja sih yang harus ada didalam makalah?


Pada umumnya sebuah makalah bisa dikatakan sistematis apabila terdapat kata pengantar sampai dengan daftar pustaka. Saya telah merangkum hal-hal yang wajib ada di dalam makalah, jadi simak baik-baik!.


1. Cover atau Sampul


Sebuah makalah wajib diawali dengan Cover atau sampul, biasanya dibagian ini terdapat Judul makalah, Logo kampus/sekolah, nama penulis, kelas/semester, jurusan, nama dosen, mata pelajaran/mata kuliah, terakhir nama fakultas/jurusan dan nama kampus/sekolah.


2. Kata Pengantar


Kata pengantar adalah kata sambutan yang ada dibalik cover, dibagian ini biasanya diawali dengan kata salam dan puji syukur kehadirat Tuhan.


Kemudian ada gambaran sedikit tentang makalah, ucapan terimakasih, permohonan maaf atas kekurangan dari makalah, dan terkhir meminta sumbangsi kritik dan saran kepada pembaca. Kalau mau tau contoh kata pengantar makalah klik aja tulisan yang diwarnai itu.


3. Daftar Isi


Daftar isi ini ada pada lembaran ke 3 atau setelah Kata Pengantar, biasanya berisi tentang sub menu atau poin-poin yang ada di dalam makalah beserta halamanya.


tujuan diadakannya daftar puisi adalah untuk mempermudah pembaca mengetahui kisi-kisi pembahasan didalam makalah tersebut.


4. BAB I Pendahuluan


Setelah melewati daftar isi, selanjutnya kita masuk pada BAB I yang berisi pendahuluan, biasanya bagian ini ditempatkan pada halaman nomor 1.


Bagian ini berfungsi sebagai gambaran lebih luas mengenai isi pembahasa makalah, maka biasanya pada BAB I akan berisi 3 sub menu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Latar Belakang, bagian ini menjelaskan kepada pembaca mengenai latar belakang pembuatan makalah/karya ilmiah lainya, atau lebih sederhanaya alasan penyusunan. didalamnya juga berisi tentang pembahasan umum dari isi makalah.
  2. Rumusan Masalah, pada bagian ini berisi tentang rumusan makalah, atau pertanyaan dari beberapa poin yang akan dibahas, contohnya 'apa pengertian makalah?'.
  3. Maksud dan Tujuan, nah bagian ini berkaitan dengan rumusan makalah, jika sebelumnya adalah sebuah pertanyaan maka pada sub menu maksud dan tujuan berisi keinginan untuk mengetahui dari pada pertanyaan tadi, contoh 'mengetahui pengertian makalah!'.


5. BAB II Pembahasan


Pembahasan berisi tentang hasil penelitian atau materi yang hendak kamu sampaikan didalam makalah, atau lebih sederhanya adalah isi dari makalah.


Dibagian ini kamu harus membahas secara lengkap materi yang menjadi judul makalah anda, contohnya : jika judul makalah adalah Ilmu Fiqih maka pembahasan harus mengenai seputar ilmu fiqh atau hal-hal yang ada kolerasinya.


Jangan sampai didalam bagian pembahasan terjadi inkonsistensi terhadap judul makalah, Judulnya A malah pembahasanya merembet ke B yang sama sekali enggak ada sangkut paut atau kaitanya.


6. Bab III Penutup


Setelah selesai dengan pembahasan maka selanjutnya masuk pada bagian penutup, dibaguan ini biasanya terdiri dari dua sub menu yakni :

  1. Kesimpulan, pada bagian ini kamu harus menyimpulkan isi dari pembahasan makalah, jangan terlalu panjang, biasanya cukup 2 paragraf saja.
  2. Keritik dan Saran, dibagian ini kamu meminta sumbangsi keritik dan saran atas makalah kepada para pembaca, biasanya cukup satu paragraf saja.


7. Daftar Pustaka


Yang terakhir adalah daftar Pustaka, pada bgaian ini terdapat sumber-sumber atau refrensi kamu saat sedang menggarap makalah, contohnya jika kamu mencari materi makalah dari sebuah blog maka cantumkan link/ alamat blog tersebut, dan jika sumbernya dari buku maka cantumkan judul buku, penulis, tahun penerbitan, kota dan penerbit buku tersebut.


Itulah rangkaian penyusunan makalah yang harus kamu kuasai disaat sedang menyusun makalah, bagi kamu yang masih belum faham jangan segan-segan untuk menaruh komentar dibawah.


LihatTutupKomentar