Fungsi Dan Tujuan Manajemen Humas

Fungsi Manajemen Humas dalam Lembaga Pendidikan

Fungsi manajemen Humas dalam lembaga pendidikan, tujuan manajemen humas


Fungsi manajemen humas dalam lembaga pendidikan menurut Pendapat Nasution Zulkarnain yang dirumuskan menjadi 3 bagian sebagai berikut:

  1. Sebagai mediator dalam hal menyampaikan komunikasi secara langsung kepada pimpinan lembaga dengan guru, karyawan, dan siswa.
  2. Mendukung dan menunjang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan mempublikasikan lembaga pendidikan. 
  3. Menciptakan suatu citra yang positif terhadap lembaga pendidikan.

Dari rumusan diatas bisa disimpulkan bahwa sebenranya Manajemen humas memiliki fungsi sebagai media dalam penghubung antara sekolah dan masyarakat yang nantinya sekolah menjadi lembaga sosial yang diselenggarakan dan dimiliki oleh masyarakat dan harus memenuhi kebutuhan masyarakatnya.


Selain itu, fungsi pokok atau tahapan-tahapan dalam manajemen humas yaitu meliputi beberapa poin sebagai berikut:


Fungsi perencanaan


Fungsi Perencanaan meliputi kegiatan menetapkan hal-hal yang hendak dicapai, bagaimana mencapai nya, berapa lama, berapa biayanya dan berapa orang yang diperlukan. Perencanaan ini dibuat sebelum suatu tindakan dilaksanakan.


Fungsi pengorganisasian


Fungsi pengorganisasian diartikan sebagai kegiatan membagikan tugas-tugas kepada orang yang terlibat dalam kerjasama di lembaga pendidikan. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menentukan siapa yang akan menjalankan tugas sesuai dengan prinsip manajemen lembaga pendidikan. Fungsi pengorganisasian ini meliputi: pembagian tugas kepada masing-masing pihak, mendelegasikan, membentuk bagian, serta menetapkan wewenang dan tanggungjawab, sistem komunikasi, dan mengkoordinir kerja setiap pegawai di dalam satu tim kerja yang terorganisir.


Fungsi penggerakan


Fungsi penggerakan dalam hal ini  bermaksud merangsang anggota-anggota  organisasi dalam melaksanakan tugas-tugas dengan antusias dan kemauan yang baik. Menurut Davis yang dimaksud menggerakkan adalah kemampuan pemimpin mengajak orang-orang untk mencapai tujuan yang telah ditentukan di awal tadi.


Fungsi pengkoordinasian 


Fungsi Pengkoordinasian berarti menjaga agar masing-masing tugas yang telah diberi wewenang dan tanggung jawab dikerjakan sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama dalam mencapai tujuan. 

Menurut Gie, pengkoordinasian adalah rangkaian aktivitas menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan orang-orang dan pekerjaannya sehingga semuanya berlangsung secara rapih, tertib dan seirama menuju ke arah tujuan yang akan dicapai tanpa harus ada kejadian yang tidak diinginkan seperti kekosongan kerja, percekcokan dan perseteruan lainya.


Fungsi pengarahan


Fungsi Pengarahan memiliki tujuan agar kegiatan yang dilakukan bersama tetap berada pada  jalur yang telah ditentukan, tidak tejadi penyimpangan yang dapat menimbulkan terjadinya pemborosan.


Fungsi pengawasan


Fungsi Pengawasan adalah sebagai salah satu kegiatan untuk mengetahui realisasi perilaku tenaga pengajar dan karyawan dalam organisasi lembaga pendidikan. Secara umum pengawasan berkaitan dengan upaya membuna, mengendalikan, dan meluruskan, hal ini sebagai bentuk upaya pengendalian kualitas pendidikan.


Tujuan Manajemen Humas


Secara umum hubungan sekolah dan masyarakat memiliki tujuan yang hendak dicapai yakni berupa peningkatan mutu pendidikan, sehingga pada gilirannya masyarakat akan merasakan dampak langsung dari kemajuan tersebut. Adapun tujuan yang lebih kongkrit hubungan antara smasyarakat antara lain:


  • Guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan pertumbuhan peserta didik.
  • Berperan dalam memahami kebutuhan-kebutuhan masyarakat yangsekaligus menjadi desakan yang dirasakan saat kini.
  • Berguna dalam mengembangkan program-program sekolah kearahyang lebih maju dan lebih membumi agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan.


Untuk membantu pemahaman tentang makna dari hubungan sekolah dan masyarakat, maka Oteng (Administrasi dan Supervisi Pendidikan) mengungkapkan bahwa hubungan sekolah dan masyarakat memiliki tujuan sebagai berikut :


  1. mengembangkan pemahaman tentang maksud dan saran-saran dari sekolah
  2. menilai program sekolah dengan kata-kata kebutuhan-kebutuhan terpenuhi
  3. mempersatukan orang tua, murid serta guru-guru dalam memenuhi kebutuhan perkembangan peserta didik
  4. mengembangkan kesadaran akan pentingnya pendidikan sekloah dalam era pembangunan
  5. membangun dan memelihara kepercayaan terhadap sekolah
  6. memberitahu masyarakat tentang pekerjaan sekolah
  7. mengerahkan bantuan dan dukungan bagi pemeliharaan dan peningkatan program sekolah.
Itulah penjelasan tentang Fungsi dan Tugas Manajemen Humas dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share dan komen dibawah


Post a Comment for "Fungsi Dan Tujuan Manajemen Humas"